Selasa, 24 Mei 2011

Jean-Michel Basquiat


Jean-Michel Basquiat lahir di New York pada tanggal 22 Februari 1960. Ayahnya berasal dari Haiti dan ibunya berasal dari Puerto Rico. Keartisan atau bakat seni lukis Baquiat dimulai pada tahun 1978 ketika ia bersama seorang temannya Al Diaz membuat beberapa seni grafiti di beberapa ruas jalan New York. Basquiat menandai hasil grafitinya dengan tulisan SAMO merupakan akronim dari 'Same Old shit'.

Basquiat juga membuat lukisan-lukisannya dalam ukuran postcard dan dalam T-shirt, untuk dijual. Basquiat juga membuat beberapa dokumentasi hasil karya seninya melalui media besi-besi bekas. Aktivitasnya ini mulai menarik perhatian pemerhati seni di New York.

Salah satu (atau dua) pemerhati seni grafiti sangat tertarik dengan karya-karya Basquiat, mereka itu: Keith Haring dan Kenny Scharf. Menurut mereka karya-karya Basquiat sangat inspiratif dan mempunyai gaya melukis yang khas dan otentik. Mereka juga yang mendorong agar karya-karya Basquiat lebih diimplementasikan dalam media kertas dan kanvas. Inilah yang membuat Basquiat pada tahun 80'an aktivitas seninya mulai menanjak.

Pada tahun 1980, Basquiat ikut ambil bagian dalam perhelatan seni yang bertajuk "Times Square Show". Di ajang ini, Basquiat mendapat perhatian  yang sangat besar dari para pemerhati dan kritikus seni. Pada tahun 1981 RenĂ© Ricar, seorang kritikus seni, menerbitkan artikel yang mengulas tentang kecermelangan bakat Basquiat yang berjudul "The Radiant Child" di majalah "Art Forum".

Sepak tejang dan moment luar biasa Basquiat makin terlihat ketika ambil bagian dalam sebuah pameran seni "New York / New Wave" di the P.S.1. Di tahun yang sama, saat usia Basquiat menginjak usia 21 tahun, Jean-Michel Basquiat telah menjelma menjadi artis seni termuda pertama kali yang diundang pada "the renown documenta exhibition" di Kassel (sebuah pameran bergengsi di bidang seni). Kemudian kesuksesa Basquiat berlanjut pada pameran-pameran berikutnya di eropa, Jepang, dan beberapa wilayah di Amerika Serikat. Jean-Michel Basquiat telah mendapat pengakuan yang mendunia di usia yang masih sangat muda. Karya-karyanya sangat membuat kagum para kritikus, buruan para kolektor, dan rasa hormat dari sesama pelukis dan seniman.

Di tahun 1984, Basquiat mulai mengenal Francesco Clemente dan Andy Warhol (seniman pop artamerika). Mereka akhirnya bekerja sama dalam beberapa proyek seni. Andy Warhol adalah sosok yang dikagumi oleh Basquiat. Selain sosok idola, Andy Warhol juga merupakan teman terdekat Basquiat saat itu. 

Sayang sekali, kesuksesan Jean-Michel Basquiat terganggu karena kecanduan Basquiat terhadap obat-obatan terlarang, ia juga mengalami depresi setelah wafatnya Andy Warhol di tahun 1987 dan kesenimannya berakhir pada 12 Agustus 1988. Jean-Michel Basquiat ditemukan meninggal dunia di studionya di Great Jones Street , New York karena overdosis heroin. Usia yang masih sangat muda.....28 tahun.

(dari beragam sumber) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar